Blog for Sharing, Playing and Learning


Tips Mengatasi Jenuh Ketika Kuliah

Bagi mahasiswa baru yang sudah mulai masuk kuliah, pasti mereka memiliki perasaan yang sangat senang dan memiliki semangat yang luar biasa. Jika ada tugas dari dosen langsung dikerjakan, jika ada teman mengajak jalan-jalan langsung berangkat…
Tips Mengatasi Jenuh Ketika Kuliah

Yups! itulah semangat mahasiswa baru yang masih menempuh proses awal kuliah 1-2 bulan. Hehe…
Seiring berjalannya waktu, semangat itu bisa hilang entah ke mana, sudah di cari-cari juga tetap semangatnya nggak ketemu sampai akhir semester. Hahaha…
Kejadian kayak gitu juga terus berulang pada awal-awal semester setelah liburan panjang khususnya.
“Sebenarnya kenapa sih?! Kalau udah pertengahan semester pasti males kayak gitu?”
Tapi ada beberapa tips loh buat mengatasi masalah kayak gitu, khususnya buat kamu-kamu yang sering merasakan hal tersebut. Mau tahu tipsnya?

1. Justru saat awal masuk kuliah, kamu jangan terlalu bersemangat. Kenapa? Ini alasannya

Yoi… jangan terlalu bersemangat dulu broh! Nggak cuma menggebu-gebu di awalnya doang. Coba deh kamu atur takaran semangatmu. Jangan boros-boros dulu, nanti ke depannya bakal cepet bosen dan akhirnya semangatmu ilang di telan ombak. Hehe…
Soalnya kuliah kan nggak cuma di awal aja, masih ada masa tengah semester dan masa akhir semester. Jadi, sebaiknya pintar-pintarlah kamu mengatur takaran semangatmu itu.
Ibaratnya kayak gini nih, motor 2T (tak) tahu kan yang suaranya agak berisik itu? Emang sih tu motor kenceng. Tapi di awalnya doang, Kalau udah sampai tengah, Ngeden bosss! Kalah deh sama yang 4T (tak). Hahahaha…

2. Ikutilah kegiatan kampus atau organisasi kayak UKM gitu

Mungkin buat kalian mahasiswa baru sering berpikiran negatif tentang ini.
“Ihh.. ngapain sih ikut-ikutan kepanitiaan, kaya kurang kerjaan aja! Nggak tahu apa dosen ngasih tugasnya bejibun banyaknya!”
Ya nggak? Hahaha…
Nahhh… Ini nih caramu berpikir yang harus kamu rubah. Coba tanya kenapa?
Karena pada dasarnya, nggak semua mata kuliah atau tugas dosen yang diwarisin ke kamu itu terpakai di dunia kerja. Tapi bukan berarti nggak penting loh ya.
Dalam organisasi itu secara nggak langsung kita sudah mulai belajar dan meraba seperti dunia kerja, toh begitu lulus kan kita juga harus siap masuk dalam dunia itu.
Kita memang dapet teori-teori dari dosen, tapi kalau pengalaman apa ada teorinya? Makanya kamu harus nyemplung ke dalam organisasi kampusmu biar dapet banyak pengalaman.
The best teacher is your experience bos!
Soo, nggak ada salahnya kamu ikut organisasi kampus. Tapi jangan sampai keblabasan atau keenakan lhoo. Hehehe…

3. Jangan cari pacar yang satu jurusan

Yaa… di saat kamu mulai penat dalam masalah kuliahmu, cobalah cerita keluh kesahmu pada sang pacar. Beberin tuh semua uneg-unegmu ke pacar. Biar agak lega hatinya.
Biasanya kalau punya pacar satu jurusan, bisa aja kamu nggak akan cerita masalah kuliah. Kan kalian mengalami hal yang sama, nggak seru juga kan. Yang ada, kamu malah cerita sama orang lain. Nah inilah yang terkadang bisa membuka jendela perselingkuhan. Hehe…
Tapi kalau beda jurusan, kalian bisa saling tukar-menukar pengalaman dan akhirnya ketemu tuh solusinya.

4. Lanjutin hobimu saat masih SMA

Awal-awal kuliah pasti kamu bingung juga untuk ngelanjutin hobi yang biasa kamu lakukan di masa SMA. Karena kamu belum bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan barumu.
Ambil contoh deh, misal kamu punya hobi olahraga: basket, bola, atau dance juga boleh. Nahh cobalah cari-cari info di kampus tentang hobimu itu, biar kamu nggak kebingungan. Biasanya sih waktu ospek universitas udah di kasih tahu info-info semacam itu.
Lalu mulailah beradaptasi, cobalah melanjutkan hobimu dengan rekan-rekan barumu. Nggak usah malu-malu, rekan seniormu dulu juga pernah ngerasain hal yang sama kayak kamu kok. Jadi nggak usah takut, mereka pasti welcome dan terbuka sama kamu.
Dari pada pusing mikirin kuliah, mending seneng-seneng dulu ngelanjutin hobimu, habis itu baru pusing-pusing lagi. Hehe…

5. Cobalah untuk memiliki hal-hal yang baru

Enggak ada salahnya juga kamu nyoba hal baru yang bersifat positif. Misal saja kamu nggak bisa bermain alat musik dan kepengen bisa. Nah kamu coba deh buat belajar, waktumu juga cukup panjang. Siapa tahu kamu memiliki bakat yang terpendam di dalam musik.
Gimana tipsnya? Emang sih nggak 100% valid. Tapi hal-hal di atas bisa mengurangi kejenuhanmu saat kuliah. Asal kamu ada niatan buat menjadi lebih baik, nggak mustahil kok hal itu bisa terjadi sama kamu. Selamat mencoba.


Sumber: Haiineola
Tag : Lainnya, Tips, Umum
0 Komentar untuk "Tips Mengatasi Jenuh Ketika Kuliah"

Back To Top