Blog for Sharing, Playing and Learning


Merasa Ngantuk Ketika Belajar? Lakukan Hal Berikut

 


Merasa ngantuk pada saat belajar memang merupakan hal yang paling menyebalkan. Apalagi kalau pada saat belajar di sekolah, kampus dan lain sebagainya, bisa-bisa kita tidak konsen pada saat proses pembelajaran seperti itu. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasan berikut.

1. Niat dan Yakin


Jika kamu memang sudah mengawalinya dengan niat, pasti secara otomatis kamu akan merasa kalau belajar itu perlu dan juga hal yang wajib kamu lakukan dalam setiap kondisi apapun dan bagaimanapun. Awalilah segala sesuatu dengan niat. Tanpa ada niat, semua tidak akan bisa tercapai. Dan juga harus ada keyakinan, karena itu juga bagian dari niat.

2. Berdoa


Jika kamu sudah niat dari awal, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan ialah berdoa. Berdoa itu perlu, artinya memohon dan meminta kepada Tuhan YME agar diberi kemudahan dalam belajar, dan juga memohon diberi ilmu yang bermanfat dan barokah.

3. Cuci Muka


Jika kamu merasa poin diatas sudah kamu lakukan, akan tetapi masih saja kamu merasa ngantuk, cobalah untuk cuci muka. Dengan cara ini, kemungkinan akan lebih fresh dan segar, mata akan menjadi lebih terang. Selain itu, alangkah baiknya kalau pada saat mau belajar berwudhu terlebih dahulu. Agar nantinya otak kita menjadi terbuka dan bisa menerima pelajaran yang kita pelajari, InsyaAllah.

4. Makan


Makan dan minum adalah kebutuhan pokok manusia. Jika kamu merasa lapar, pastinya jika melakukan sesuatu akan terasa seperti tidak ada energi yang ada di dalam tubuh. Cobalah untuk makan secukupnya saja sebelum belajar. Dengan begitu, proses belajar akan berjalan tenang tanpa ada gangguan dari rasa lapar.

5. Ngopi


Nah, ini adalah cara yang paling efektif dan juga bisa dibilang ampuh. Kamu bisa belajar sambil minum kopi. Biasanya hal ini dilakukan ketika belajar dimalam hari dengan suasana yang tenang. Cocok buat kamu yang mencari situasi dan kondisi yang begitu tenang, dan juga menikmati suasana ketenangan dimalam hari.
Tag : Tips
0 Komentar untuk "Merasa Ngantuk Ketika Belajar? Lakukan Hal Berikut"

Back To Top