Blog for Sharing, Playing and Learning


Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Dengan Laptop Baru

Baru beli laptop ya? laptopnya pasti keluaran terbaru dengan berbagai fitur dan performa yang baik. Bisa dipakai main game gak itu laptopnya? Traktirannya mana? Hehehe. Inilah kata – kata yang biasa teman – teman dan juga keluarga Saya katakan ketika Saya terlihat membawa bungkusan berupa kardus laptop yang baru saja Saya beli. Saya saja belum pernah buka ini laptop, Cuma lihat spesifikasinya dari tulisan stiker yang tertempel. Sistem operasinya saja belum ada mana bisa langsung main game. Apalagi minta ditraktir, gak tahu apa kalau harga laptop sekarang itu bisa nguras tabungan dari 4 bulan gaji, hahaha jadi curhat.

Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Dengan Laptop Baru

Nah, Anda mungkin pernah mengalami hal seperti ini. Memiliki laptop yang memang sudah diidam-idamkan sejak dahulu kala, dan baru kesampean setelah beberapa abad lamanya, lebay hehehe. Hal paling luar biasa lainnya ketika sudah memiliki laptop, tapi uangnya adalah hasil keringat sendiri. Rasanya kayak terharu banget gitu, terharunya bukan karena sudah mampu beli sendiri, tapi karena duit gaji yang ditabung selama berabad – abad lamanya harus habis dalam waktu yang hanya dalam sedetik saja. Karena, ini adalah laptop terbaru Saya dan membeli dari hasil keringat Saya sendiri, untuk itu Saya harus menjaganya dengan baik dan tentu harus memastikan beberapa hal terlebih dahulu agar laptop ini siap dipakai dan membuat Saya nyaman. Nah, apa saja yang perlu Saya siapkan atau lakukan setelah Saya memiliki laptop kesayangan yang baru ini?

  • Saya harus pastikan ini benar laptop baru atau hanya laptop bekas yang dirakit
Cara memastikan hal ini memang agak sedikit sulit. Pasalnya, Saya tidak mungkin membongkar semua isi dari laptop tersebut. Jadinya, Saya hanya melihatnya dari segi fisik saja seperti stiker garansi dan mungkin bodinya saja apa ada yang lecet dan tergores. Kemudian mencocokkan nomor serinya dengan mencari di internet apa laptop Saya ini benar – benar diproduksi oleh produsen yang sesuai dengan mereknya ini. Dan, ternyata cara Saya ini menghasilkan bahwa laptop Saya masih baru, Alhamdulillah.
  • Cek kelengkapan standar dari laptopnya juga
Kelengkapan standar dari laptop itu biasanya adalah charger, CD.DVD driver, dan beberapa bonus yang sesuai tertera di dus atau sesuai yang dikeluarkan dari produsennya. Semua kelengkapan itu sudah lengkap, hanya bonusnya saja seperti tas tidak Saya dapatkan, karena ternyata itu dijual terpisah, hiks :’(.
  • Buka BIOSnya dan mengecek hardwarenya
Saya pun mencocokkan hardware sesuai yang dari vendor dan yang ada di BIOSnya. Saya pun mendapatkan kejanggalan yaitu cara masuk BIOSnya koq beda, harus melalui F2, kan biasanya tekan tombol DEL. Saya baru ternyata setiap vendor berbeda – beda caranya, hehehe. Semua hardwarenya aman dan sesuai dengan keluaran dari produsen.
Tapi seperti ketika kamu dapat rumah baru, kamu ga bisa langsung menikmati rumahnya. Ada hal-hal esensial yang harus kamu lakukan sebelum rumah itu bisa dihuni. Begitu juga dengan PC/Laptop, kamu harus melakukan beberapa aktivitas simple saat pertama kali menyalakan PC/laptopmu agar PC/laptopmu bisa berjalan optimal, aman, dan lancer. Okay, cut the foreplay, here’s how to set up your new girlfriend the right way.

Segera update Windows-mu!

Hal pertama yang wajib kamu lakukan, update Windows-mu. Kamu ga seharusnya menjelajah internet kecuali Windows-mu sudah up to date, titik. Kenapa? Karena dengan up to date-nya Windows-mu, itu berarti kamu dapat fitur-fitur terbaru dari Microsoft dan keamanan sistem operasimu terjamin . Sekarang berita buruknya: kamu harus mempunyai koneksi internet stabil untuk mendownload update di Windows Update. Sangat tidak disarankan melakukan update melalui paket kuota internet. Lakukan langkah ini jika ada koneksi Wi-Fi di sekitarmu.
Langkahnya simple. Pertama, pastikan laptopmu terkoneksi ke internet. Untuk Windows 7, 8 atau 8.1, buka Control Panel, lalu klik System and Security > Windows Update > Check for Update.Untuk Windows 10, buka Settings (Tombol Windows + I), klik Update & Security > Windows Update > Check for updates. Sistem akan secara otomatis mencari update-update yang belum terdownload dan terinstall. Download dan install updatenya, lalu restart komputermu dan lakukan lagi… dan lagi… dan lagi sampai sistem bilang kalo kamu udah up to date.

Instal Browser Favoritmu

Karena surfing internet menggunakan browser yang kurang familiar itu seperti menonton video favoritmu tapi gak pake headset, bisa di lakukan, tapi ga keren, man. Banyak opsi browser-browser keren di luar sana, seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, atau Opera jika kamu muak dengan Internet Explorer.

Dari Berbagai Sumber
Tag : Tips, Umum
0 Komentar untuk "Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Dengan Laptop Baru"

Back To Top